Selasa, 16 Desember 2008

Mengenal Manfaat Buah dan Sayur dari Warnanya

Merah
Buah berwarna merah kaya akan lycopene yang bermanfaat untuk menghambat kemunduran fisik dan mental agar tidak mudah pikun, serta kaya akan vit. A dan C yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita agar tidak mudah sakit. Ingat, kekurangan vit. C akan membuat tubuh kita mudah terserang flu. Contoh buah dan sayur berwarna merah adalah tomat, semangka, jambu biji merah, stroberi, bayam merah, dan kol merah.


Kuning
Buah berwarna kuning, seperti nanas, pisang, dan belimbing, banyak mengandung kalium, yaitu nutrisi yang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.


Putih
Buah dan sayur berwarna putih memiliki kandungan serat dan vit. C yang cukup tinggi, sehingga baik untuk pencernaan dan kekebalan tubuh. Buah dan sayur berwarna putih antara lain taoge, kubis, sawi putih, duku, kelengkeng, dan leci.


Oranye
(*) Jeruk
Buah ini banyak mengandung vit. C yang bermanfaat untuk mencegah flu, radang tenggorokan, sariawan, dan gusi berdarah. Pada saat makan jeruk, biasakan untuk memakan bersama lapisan pelindungnya yang seperti jaring. Sebab, lapisan tersebut banyak mengandung pektin (sejenis serat makanan) yang dapat membantu memperlancar sistem pencernaan kita dan mencegah sembelit.


(*)Wortel
Sayur yang satu ini banyak mengandung vi.A yang antara lain berfungsi untuk kesehatan mata. Wortel juga bisa dipakai untuk perawatan wajah, yaitu sebagai masker untuk menghaluskan kulit wajah.


(*)Mangga
Buah ini pun banyak mengandung vit.A yang juga berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker dan penuaan dini.


Hijau
Buah berwarna hijau banyak mengandung asam alegat yang sangat bagus untuk menangkal sel-sel kanker dan menstabilkan tekanan darah. Sedangkan sayuran berwarna hijau banyak mengandung vit.C dan B kompleks, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, beta karoten, dan serat. Ingat, kekurangan buah dan sayur berwarna hijau dapat membuat kulit kita menjadi kasar dan bersisik, susah BAB, serta anemia (kekurangan darah) yang membuat kita mudah lesu, pucat, dan pusing. Contoh buah dan sayur berwarna hijau adalah alpukat, anggur hijau, bayam, serta brokoli.


^_^

Tidak ada komentar: